Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untung Berlipat Dari Jual Kayu Bangunan ( Peluang Usaha Jarang Yang Tahu ) Peluang usaha Terbaru 2022

INILAHINFO - Kebutuhan akan tempat tinggal yang layak setiap tahun selalu meningkat, banyak pengembang-pengembang perumahan berlomba-lomba untuk membuka lahan kosong untuk dijadikan perumahan, dibarengi pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, yang mana kebutuhan tempat tinggal juga akan meningkat pula, jadi pembangunan tempat tinggal juga akan mengalami peningkatan, belum lagi renovasi rumah juga mengalami perkembangan yang sifatnya terus menerus



Prospek Usaha Kayu Bangunan

Bila anda jeli maka banyak bisnis yang dapat diambil dari situasi ini, salah satunya adalah menjadi penjual kayu untuk keperluan pembangunan tempat tinggal, maupun untuk keperluan yang laiannya yang bahan dasarnya kayu, walaupun ada alternatif lain seperti baja ringan, tapi orang kebanyakan lebih memilih kayu untuk membangun atau merenov tempat tinggalnya, karena kayu dianggap lebih baik dari baja ringan bila dilihat dari segi keamanan, ketahanan dan kemudahan dalam pengolahannya.

Kayu bisa dikatakan salah satu bahan wajib untuk pembangunan rumah, baik hanya sekedar untuk penopang, maupun sebagai bangunan pokok, satu rumah sederhana biasanya memerlukan sekitar 6 kubik kayu ( ukuran 1 kubik = 1 m x 1m x 1m diukur dari ujung kayu yang ditumpuk dan panjang kayu biasanya 4 m), tentunya akan lebih banyak bila untuk rumah yang mewah, dan tidak mungkin beli satuan, biasanya si pembangun rumah ini membeli dalam jumlah yang banyak, dan ini memberikan keuntungan yang lebih bagi penjual kayu.

Bisnis Usaha Berjualan Kayu Bangunan


Harga perkubiknyapun variatif tergantung dari jenis kayu, model kayu, ukuran kayu dan umur kayu, tapi menurut informasi yang valid bahwa keuntungan dalam penjualan kayu ini rata-rata 100% dari modal awal pembelian kayu, bahkan sebagian penjual kayu mengatakan lebih dari 100% keuntungannya, bukankah ini sangat menggiurkan???

Dan kayu ini tidak akan busuk bila disimpan lama, asal menyimpannya ditempat yang tepat saja, jadi tidak seperti makanan basah yang mudah busuk.

Bisnis ini masih berpeluang besar dan semakin prospek saja, dikarenakan jumlah kayu yang semakin sedikit dialam dan permintaannya semakin besar, jadi bisnis kayu ini juga bisa dijadikan investasi jangka menengah.

Panduan memulai Bisnis Jual Beli Kayu Bangunan

Apabila anda berminat maka untuk memulai bisnis ini yang perlu diperhatikan adalah

1. Modal Awal Bisnis Kayu

Modal awal untuk menyewa tempat dan untuk pembelian kayu yang sudah jadi, modal bisa menyesuaikan, dari mulai kecil dulu, sekitar 10 jutaan cukup, karena penjual kayu yang saya temui biasanya menyewa tempat untuk jangka panjang, bisa 5 sampai 10 tahunan sekali sewa, anda harus punya spekulasi yang terukur tentunya.

2. Tempat / Toko

Sewa tempat yang strategis untuk memolai bisnis ini, dipinggir-pinggir jalan yang sering dilalui orang, anda perlu survey tempat tentunya, dalam proses survey yang harus anda perhatikan adalah antusias orang didaerah itu dalam penggunaan kayu untuk keperluan sehari-hari, khususnya untuk pembangunan rumah, anda jangan melihat orang lain yang sudah lebih dulu menekuni bisnis ini, karena ada prinsip pasar "semakin banyak penjual, maka semakin banyak pula pembelinya".

3. Meterial kayu

Cari tempat penggergajian kayu untuk harga yang lebih murah, dan biasanya juga ada sales kayu yang akan menawarkan kayu, bila toko anda sudah mulai berdiri. Juga anda harus hati-hati dalam memilih kwalitas kayu, pengalaman dan ilmu harus anda miliki, anda bisa bertanya pada pengusaha lain tentang kealitas kayu yang bagus maupun yang tidak bagus.


4. Pemasaran

Anda bisa memasarkannya ke pengembang-pengembang perumahan yang ada di sekitar anda selain di toko anda sendiri, kemitraan pada birokrasi atau pencari tander birokrasi harus anda jalin, anda juga bisa memasarkannya lewat online.

5. Memutar laba

Memutar keuntungan untuk dimasukan ke modal awal ini sangat penting, untuk memajukan dan mengembangkan usaha anda, jadi modal jangan anda habiskan untuk keperluan sehari-hari, tapi prinsip "tirakat" juga harus anda pegang, apalagi baru awal perintisan usaha.


Mungkin hanya segitu info tentang Untung Berlipat Dari usaha Kayu Bangunan yang bisa saya ceritakan pada anda, semoga setelah membaca artikel ini ada gambaran dan ada manfaatnya untuk anda yang akan merintis usaha untuk masa depan anda.