Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Berbagai Macam Jenis Servis dalam Permainan Bola Voli

Sebagai seorang pemain bola voli tentunya dituntut untuk dapat menguasai beberapa skill dan teknik tertentu, terutama yang berkaitan dengan posisi dari pemain itu sendiri. Dalam permainan bola voli sendiri sebenarnya ada beberapa teknik yang memang wajib dikuasai, khususnya bagi pemain dengan posisi server, yaitu teknik servis.

Servis sendiri adalah sebuah teknik yang dibagi menjadi beberapa jenis dan dibedakan sesuai dengan cara pemain memukul bola voli. Oleh karena itu untuk dapat mengenal lebih jauh perihal teknik servis, maka disini akan dibagikan ulasan seputar pengertian dan jenis servis dalam permainan bola voli, berikut ulasannya:

  
Pengertian servis dalam permainan bola voli

Servis adalah sebuah gerakan yang dilakukan oleh seorang pemain voli dengan posisi server untuk mengawali sebuah permainan bola voli. Dalam hal ini servis juga dikenal sebagai serangan awal karena memang pada umumnya seorang server akan melakukan servis dengan tujuan mencetak angka pada pihak lawan sehingga tak jarang pula pukulan servis dilakukan sekuat tenaga dengan akurasi dan kecepatan yang tinggi.

Jenis-jenis servis dalam permainan bola voli

1. Servis bawah

Pada jenis ini seorang server biasanya akan melakukan servis dengan cara mengayunkan satu lengan untuk memukul bola dari bawah yang mana gerakan ini sedikit menyerupai gerakan passing bawah.

2. Servis atas

Berbeda dengan jenis servis bawah, pada jenis ini seorang server biasanya akan melakukan servis dengan cara mengayunkan satu lengan untuk memukul bola dari atas sehingga gerakan pada servis atas ini menyerupai gerakan smash yang biasanya dilakukan oleh seorang spiker.

Selain itu, perbedaan lainnya dari jenis servis atas dan servis bawah adalah pada jenis ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

1. Tennis servis

Tennis servis adalah sebuah servis yang dilakukan seorang server pada umumnya dengan mengayunkan satu lengan untuk kemudian memukul bola dari atas dengan menggunakan telapak tangan sehingga gerakan ini pun menyerupai gerakan smash dalam permainan bola voli.

2. Floating servis

Floating servis adalah sebuah servis yang hampir sama dengan gerakan tennis servis, yakni masih sama-sama mengayunkan satu lengan keatas untuk kemudian memukul bola. Namun yang membuat floating servis ini berbeda dengan tennis servis adalah pada floating servis seorang server dapat melakukannya dengan memukul bola menggunakan genggaman sehingga gerakan ini menyerupai gerak seseorang yang memukul bola.

3. Cekis servis

Cekis servis adalah sebuah gerakan yang dilakukan seorang server dengan mengayunkan satu tangan untuk kemudian memukul bola dari arah samping kiri ataupun kanan sehingga bola akan melesat secara melengkung ke arah lawan. Dalam melakukan teknik ini tentunya diperlukan kemampuan yang baik dari seorang server agar bola dapat mengarah secara cepat dan tepat.

Demikian ulasan yang dapat dibagikan seputar pengertian dan jenis-jenis servis dalam sebuah permainan bola voli, semoga bermanfaat.