Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Latihan Fisik yang Wajib Dilakukan Atlit Bola Voli

INILAHINFO - Selamat datang di blog kita ini, pada kali ini saya ingin membagikan artikel mengenai Berbagai Latihan Fisik yang Wajib Dilakukan Atlit Bola Voli, karena masih banyak yang ingin mendalami olahraga bola volly ini lebih jauh

Sebagai seorang atlit voli tentunya dituntut untuk memiliki kondisi fisik yang kuat dan prima. Hal ini sangat perlu diperhatikan karena dengan kondisi fisik yang prima tentunya performa dari masing-masing atlit dalam pertandingan bola voli pun akan lebih baik. Oleh karena itu dibawah ini akan dibagikan ulasan perihal beberapa metode latihan yang dapat dilakukan secara rutin untuk mendapatkan kondisi fisik yang prima, berikut ulasannya:

Metode Latihan Fisik Bola Voli


1. Latihan Kekuatan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membangun kondisi fisik yang kuat adalah dengan melatih tingkat kekuatan dari tubuh anda. Hal ini dilakukan terkait dengan kondisi dari permainan bola voli itu sendiri yang mana membutuhkan kekuatan dari beberapa bagian tubuh seperti misalnya tangan dan kaki.

Metode latihan kekuatan sendiri haruslah dilakukan dengan seimbang mulai dari bagian atas tubuh seperti bahu, lengan, dada, dan perut, atau bagian bawah tubuh seperti paha, kaki, dan tungkai. Oleh karena itu terdapat beberapa variasi yang dapat diterapkan dalam melakukan latihan kekuatan, yaitu sebagai berikut:

· Push up (otot dada)
· Pull up (otot bahu dan punggung)
· Sit up (otot perut)
· Squad (otot kaki)

2. Latihan Kelenturan

Metode latihan selanjutnya adalah latihan kelenturan yang mana berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas dari tubuh anda. Hal ini tentunya sangat berhubungan dengan berbagai gerakan yang ada dalam permainan bola voli itu sendiri, seperti misalnya saat hendak menghalau smash lawan ataupun saat ingin mengoper bola diudara.

Dengan rutin melatih kelenturan tubuh ini juga dapat meningkatkan refleks dari tubuh anda sehingga mampu bergerak lebih cepat sebelum saraf pada otak memerintahkan anggota tubuh untuk bergerak. Oleh karena itu latihan kelenturan perlu diterapkan untuk seluruh bagian tubuh, mulai dari leher, sendi bahu, batang tubuh, hingga persendian pada area kaki.

3. Latihan kecepatan

Setelah anda melatih kekuatan dan kelenturan pada tubuh anda maka metode latihan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah latihan kecepatan. Latihan ini berfungsi untuk mendukung kekuatan dan kelenturan anda karena apabila tidak diimbangi dengan kecepatan yang baik tentunya kecepatan dan kelenturan tadi tidak akan bekerja dengan optimal.

Dalam melakukan latihan kecepatan ini dapat dilatih dengan rutin berlari, baik dalam intensitas tinggi ataupun rendah. Dengan demikian maka kondisi tubuh akan mampu bergerak lebih cepat dan lebih lincah sehingga fisik anda pun dapat memiliki performa yang lebih baik.

4. Latihan daya tahan / stamina

Metode latihan terakhir yang wajib dikuasai adalah latihan daya tahan / stamina. Latihan daya tahan ini dapat anda lakukan dengan rutin melakukan olah pernafasan dan jogging sehingga mampu memperkuat kondisi jantung dan paru-paru.

Dengan memiliki stamina yang baik tentunya kondisi fisik dan konsentrasi anda pun dapat lebih stabil sehingga mampu meningkatkan performa ketika dalam pertandingan bola voli itu sendiri.

Nah, sekarang sudah mengerti khan Metode Latihan Fisik Bola Voli yang tepat ?, segera praktekkan di lapangan, maka anda bisa menemukan kelebihan maupun kekurangannya dari berbagai segi